free stats

Makna Desain Penelitian Eksploratori-Deskriptif

Menjelaskan secara detail tentang kelebihan serta kekurangan dari desain penelitian eksploratori-deskriptif

Salam Sobat Sipil,

Penelitian adalah salah satu metode penting yang digunakan untuk menghasilkan informasi baru dan valid. Oleh karena itu, pendekatan yang tepat dalam desain penelitian sangatlah penting untuk memperoleh hasil yang akurat dan dapat diandalkan. Desain penelitian eksploratori-deskriptif adalah salah satu metode tersebut yang memiliki keunikan dalam dirinya.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang makna desain penelitian eksploratori-deskriptif secara detail. Baik itu kelebihan, kekurangan, dan sebagainya. Mari kita mulai.

1. Pendahuluan

Penelitian eksploratori-deskriptif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk menggali informasi secara mendalam mengenai suatu masalah atau fenomena yang belum banyak diketahui. Pendekatan ini diterapkan ketika peneliti ingin memperoleh pengetahuan mengenai suatu hal yang belum cukup teridentifikasi, dan belum terlalu banyak diperbincangkan.

Pada jenis penelitian ini, peneliti lebih mengutamakan observasi terhadap gejala atau fenomena yang terjadi, dan bertujuan untuk menghasilkan deskripsi rinci mengenai hal tersebut. Keunggulan dari jenis penelitian ini adalah kemampuannya untuk menghasilkan informasi yang cukup mendalam dan spesifik, namun di sisi lain juga memiliki kelemahan-kelemahan yang perlu diketahui.

2. Kelebihan Desain Penelitian Eksploratori-Deskriptif

Keuntungan dari desain penelitian eksploratori-deskriptif adalah kemampuannya untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam mengenai fenomena yang belum diketahui secara cukup. Penelitian ini dapat memberikan gambaran yang lebih spesifik mengenai hal tersebut, serta memberikan pemahaman yang lebih besar dalam memperoleh jawaban mengenai pertanyaan penelitian.

Tidak hanya itu, jenis penelitian ini juga memberikan kebebasan bagi peneliti untuk menggali informasi sesuai dengan pertanyaan yang ingin dijawab, tanpa dibatasi oleh struktur yang baku. Dalam hal ini, peneliti lebih fleksibel dalam merancang penelitiannya, serta lebih mudah dalam menyesuaikan diri mengikuti perkembangan situasi yang terjadi.

Kemampuan untuk memperoleh jawaban yang lebih kaya, dan fleksibilitas dalam desain penelitian adalah kelebihan nyata dari jenis penelitian ini.

a. Kemudahan dalam pengambilan data

Jenis penelitian eksploratori-deskriptif menyertakan pengumpulan data dalam mengidentifikasi masalah atau fenomena yang sedang diteliti. Teknik pengumpulan data bergantung pada jenis masalah yang sedang dipelajari, dan tujuan utama dari penelitian.

Kemampuan untuk memilih teknik pengumpulan data yang fleksibel, dan kurangnya pembatasan dalam jenis data yang dapat dikumpulkan menjadikan jenis penelitian eksploratori-deskriptif merupakan pilihan yang baik untuk peneliti. Fleksibilitas dalam pengumpulan data juga memungkinkan peneliti untuk menyesuaikan diri terhadap situasi, dan mengatasi permasalahan apapun yang terjadi

b. Menyelesaikan masalah kompleks

Penelitian eksploratori-deskriptif merupakan pilihan yang baik untuk mempelajari masalah yang kompleks, dan belum banyak dipelajari oleh para peneliti sebelumnya. Karena metode ini menekankan pada penggalian informasi,dan tidak membatasi peneliti pada pertanyaan tertentu, peneliti bisa menemukan informasi yang tidak terduga dan memperoleh jawaban yang lebih lengkap bagi masalah yang kompleks.

BACA JUGA:  Makna Uji reliabilitas dan validitas kontekstualisasi sosial-budaya-politik-ekonomi-lingkungan-hukum</h1

c. Flexibilitas dalam pendekatan

Salahsatu keunggulan dari desain penelitian eksploratori-deskriptif adalah kemampuannya dalam mendesain penelitian sesuai dengan informasi yang ingin dicari oleh peneliti. Hal ini memungkinkan peneliti untuk mengembangkan pendekatan yang unik, dan benar-benar memusatkan perhatian pada tantangan yang dihadapi yaitu apakah pendekatan itu tepat atau tidak.

d. Pengidentifikasian variabel yang relevan

Jenis penelitian eksploratori-deskriptif dapat digunakan untuk mengidentifikasikan variabel-variabel yang menjadi penentu suatu masalah atau fenomena yaitu hal apa saja yang berkaitan. Peneliti dapat lebih memahami jenis informasi yang dibutuhkan dengan pencarian yang spesifik, dan juga dapat memahami cara terbaik dalam mengumpulkannya.

e. Penggunaan data kualitatif

Penelitian eksploratori-deskriptif sangat cocok untuk jenis data kualitatif. Mengumpulkan data kualitatif memungkinkan peneliti untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap, diperkaya dengan persepsi dan pengalaman subjektif dari informan. Dalam hal ini, peneliti dapat memperoleh data dari situasi atau properti individual yang biasanya tidak dapat dilihat secara jelas. Hal ini membuat jenis penelitian ini sangat fenomenal.

f. Analisis konten yang lebih cermat

Penelitian eksploratori-deskriptif sangat baik dalam melakukan analisis konten yang lebih cermat dan terperinci. Penelitian jenis ini banyak menghasilkan catatan lengkap mengenai situasi tertentu yang sedang diuji, dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap suatu fenomena. Oleh karena itu,membantu peneliti dalam memperoleh informasi yang lebih mendalam, dan menyajikan hasil penelitian yang lebih berkualitas.

g. Memperjelas masalah akar

Penelitian eksploratori-deskriptif dapat memberikan jawaban yang lebih baik terhadap masalah akar, dan membantu peneliti untuk merumuskan pertanyaan penelitian yang lebih fokus serta cara penelitian kemudian untuk menyelesaikan masalah yang muncul. Peneliti dapat memperoleh informasi lebih lengkap mengenai fenomena yang sedang dipelajari, yang memungkinkan untuk lebih memperjelas masalah akar dan cara terbaik dalam memecahkannya.

3. Kekurangan Desain Penelitian Eksploratori-Deskriptif

Tidak hanya memiliki kelebihan, jenis penelitian ini memiliki banyak kekurangan yang perlu diketahui. Kelemahan-kelemahan itu antara lain:

a. Kurangnya keotentikan hasil penelitian dari sampling yang rendah

b. Namanya saja eksploratori, disini penelitian dibangun untuk mencari masalah dan mendapatkan data. Sehingga ketidakpastian seringkali dihadapkan pada peneliti dalam melakukan penelitiannya.

c. Terlalu mengandalkan subjektivitas dari informan

d. Sangat tergantung pada kemampuan peneliti dalam melakukan observasi dan pemahaman terhadap situasi yang sedang berlangsung, jika tidak peneliti kesulitan dalam mencari jawaban yang tepat.

e. Kurang mendalam dalam mendeskripsikan informasi

f. Sudah terdapat penelitian sebelumnya dan tidak mempunyai kerja baru lagi

g. Sangat bergantung pada situasi, dan sulit untuk dipertahankan pada penelitian yang berkelanjutan

4. Tabel Penjelasan Desain Penelitian Eksploratori-Deskriptif

Tabel berikut ini adalah penjelasan secara detail mengenai desain penelitian eksploratori-deskriptif:

Jenis Penelitian Tujuan Penelitian Sumber Data Teori Hasil
Eksploratori-Deskriptif Menggali informasi secara mendalam tentang suatu masalah atau fenomena yang belum banyak diketahui Observasi, wawancara, dokumentasi, studi kasus Teori tidak ditentukan sebelumnya Deskripsi rinci mengenai fenomena atau masalah yang sedang diteliti

5. Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Desain Penelitian Eksploratori-Deskriptif

a. Apa itu penelitian eksploratori-deskriptif?

Penelitian eksploratori-deskriptif merupakan jenis penelitian yang bertujuan untuk menggali informasi secara mendalam mengenai suatu masalah atau fenomena yang belum banyak diketahui. Pendekatan ini diterapkan ketika peneliti ingin memperoleh pengetahuan mengenai suatu hal yang belum cukup teridentifikasi, dan belum terlalu banyak diperbincangkan.

BACA JUGA:  Makna Uji Reliabilitas dan Validitas Interpretatif

b. Apa kelebihan dan kekurangan dari desain penelitian eksploratorideskriptif?

Kelebihan dari desain penelitian eksploratori-deskriptif adalah kemampuannya untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam dan spesifik mengenai fenomena yang belum diketahui secara cukup. Kelemahan-kelemahan dari jenis penelitian ini antara lain adalah kurangnya keotentikan hasil penelitian dari sampling yang rendah, namanya saja eksploratori, disini penelitian dibangun untuk mencari masalah dan mendapatkan data. Sehingga ketidakpastian seringkali dihadapkan pada peneliti dalam melakukan penelitiannya, terlalu mengandalkan subjektivitas dari informan, sulit dipertahankan pada penelitian yang berkelanjutan, dan bergantung pada situasi.

c. Apa teknik pengumpulan data yang sering digunakan pada penelitian eksploratori-deskriptif?

Teknik pengumpulan data pada penelitian eksploratori-deskriptif bergantung pada jenis masalah yang sedang dipelajari, dan tujuan utama dari penelitian. Teknik-teknik umum yang sering digunakan pada jenis penelitian ini termasuk observasi, wawancara, documentasi, studi kasus.

6. Kesimpulan

Secara umum, desain penelitian eksploratori-deskriptif memiliki kelebihan-kelebihan yang perlu dicatat, seperti kuat dalam memperoleh informasi yang mendalam mengenai fenomena yang belum teridentifikasi secara cukup, lebih fleksibel dalam mengumpulkan data, mampu menyelesaikan masalah yang kompleks, melakukan analisis konten yang lebih cermat, memperjelas masalah akar, dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi variabel yang relevan. Tidak hanya kelebihan, jenis penelitian ini juga memiliki kekurangan-kekurangannya seperti sampling yang rendah dari hasil penelitian yang tidak otentik, tidak pasti dalam melakukan penelitiannya, terlalu mengandalkan subjektivitas informan dalam memberikan data, kurang mendalam dalam mendeskripsikan informasi, sulit untuk dipertahankan pada penelitian yang berkelanjutan, dan tergantung pada situasi yang sedang berlangsung.

Namun, dalam keseluruhan kelebihannya, desain penelitian eksploratori-deskriptif adalah eeni metode yang efektif dan tepat untuk menggali informasi secara mendalam mengenai suatu masalah atau fenomena yang belum banyak diketahui. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, desain penelitian eksploratori-deskriptif memiliki potensi untuk menghasilkan informasi baru yang bermanfaat untuk dunia akademik dan praktis.

7. Action Item

Untuk menjaga kualitas hasil yang berkualitas di masa depan, hal penting yang perlu dipertimbangkan oleh peneliti dalam melakukan penelitian adalah penggunaan desain penelitian yang tepat. Penelitian eksploratori-deskriptif dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menggali informasi secara dalam. Dengan memanfaatkan kelebihan-kelebihan desain penelitian ini, kita dapat menghasilkan informasi yang lebih kaya dan spesifik. Oleh karena itu, sebagai peneliti, hal penting yang perlu dilakukan adalah menilai situasi penelitian dengan tepat, serta memilih desain penelitian yang paling sesuai dengan tujuan dari penelitian tersebut

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat mengenai makna desain penelitian eksploratori-deskriptif. Ada banyak keuntungan yang dimiliki oleh desain penelitian ini, namuns juga perlu diingat bahwa desain ini memiliki kelemahan yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, sangat penting bagi peneliti untuk mengevaluasi tujuan penelitian dan jenis data yang dibutuhkan sebelum memilih desain penelitian yang tepat.