free stats

Makna Riset Eksplorasi

Pendahuluan

Salam Sobat Sipil, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang makna riset eksplorasi. Sebelum membahas lebih lanjut, yuk ketahui dulu pengertian riset eksplorasi secara umum. Riset eksplorasi adalah metode investigasi ilmiah yang bertujuan untuk mengeksplorasi topik atau masalah yang relatif belum banyak diketahui. Dengan melakukan riset eksplorasi, para peneliti bisa menemukan fakta baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Namun, like-lie-nya sebuah riset eksplorasi juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Kelebihan Riset Eksplorasi

1. Memberikan Penemuan Baru

Riset eksplorasi seringkali dilakukan untuk menemukan fakta baru dan mengeksplorasi masalah yang relatif belum banyak diketahui. Dengan melakukan riset eksplorasi, para peneliti dapat menemukan hal-hal baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya dan memberikan kontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan.

2. Menyediakan Landasan untuk Riset Selanjutnya

Riset eksplorasi dapat memberikan landasan untuk penelitian yang lebih mendalam di masa depan. Dengan mengeksplorasi topik atau masalah yang relatif belum banyak diketahui, para peneliti dapat mengidentifikasi area-area yang mungkin perlu dikembangkan di masa depan. Hal ini bisa memberikan kesempatan bagi peneliti lain untuk menjalankan riset yang lebih mendetail dan memperdalam pengetahuan kita.

3. Mengembangkan Kreativitas

Riset eksplorasi dapat dianggap sebagai bentuk kreativitas dalam dunia ilmu pengetahuan. Dengan mengeksplorasi topik atau masalah yang belum pernah diketahui sebelumnya, para peneliti harus berpikir out of the box dan menciptakan metode atau strategi baru untuk menjawab pertanyaan yang mereka miliki. Hal ini bisa memperkaya kualitas riset yang dilakukan dan hal-hal baru yang muncul.

4. Mengidentifikasi Peluang Besar

Metode pengaplikasian riset eksplorasi juga memungkinkan para peneliti untuk menemukan peluang bisnis atau industri yang besar. Dengan cara mencari dan mengeksplorasi bidang yang masih kosong dengan secara terperinci dan focus, maka peluang akan muncul dan bisa dijadikan bisnis yang sukses. Hal ini memberikan kontribusi positif pada perkembangan ekonomi suatu negara.

5. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Sebagai seorang peneliti, akan ada saat dimana para peneliti harus berkomunikasi dengan orang yang tidak terlalu memahami bidang ilmu mereka. Riset eksplorasi terkadang memperkenalkan suatu topik baru di bidang tertentu, sehingga para peneliti perlu menemukan cara untuk menjelaskan masalah mereka dengan cara yang lebih mudah dipahami oleh publik awam. Hal ini bisa meningkatkan kemampuan komunikasi para peneliti dalam menyampaikan suatu informasi yang berguna bagi masyarakat.

BACA JUGA:  Makna Maknanya: Pemahaman Terperinci tentang Makna Dalam Bahasa Indonesia

6. Memberikan Ruang Kreasi

Riset eksplorasi memberikan para peneliti suatu ruang atau batas yang terbuka untuk mencari tahu sesuatu yang belum pernah diketahui sebelumnya. Dalam mencari hal-hal baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya, para peneliti harus menciptakan metode atau strategi baru, yang bisa memperkaya kemampuan kreatif dalam dunia penelitian.

7. Mengembangkan Kemampuan Intelektual

Dalam riset eksplorasi, para peneliti akan mencari tahu solusi baru untuk merespon masalah tertentu. Hal ini melibatkan kemampuan intelektual yang kuat untuk memecahkan masalah yang baru. Dalam melakukan riset eksplorasi, para peneliti akan dihadapkan pada tantangan baru yang memicu kemampuan intelektual mereka untuk mencari tahu dan memecahkan masalah yang belum pernah terjawab sebelumnya.

Kekurangan Riset Eksplorasi

1. Tidak Ada Jaminan Terhadap Hasil

Riset eksplorasi bertujuan untuk menemukan jenis data atau fakta baru, yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Karena metode penelitian ini memperkenalkan sebuah area baru yang belum pernah diketahui sebelumnya, maka tidak ada jaminan pasti mengenai hasil yang diperoleh.

2. Waktu yang Dibutuhkan Sangat Banyak

Riset eksplorasi mengharuskan para peneliti untuk menemukan data baru atau fakta baru dalam masalah yang belum pernah tergali sebelumnya. Karena hal ini memerlukan pengumpulan data secara mendalam dan teliti, maka banyak waktu yang harus dihabiskan. Proses ini memakan waktu yang cukup lama sampai bisa di presentasikan.

3. Memiliki Biaya yang Besar

Biaya juga menjadi hal yang harus diperhitungkan dalam metode riset exploratory. Melakukan riset exploratory memerlukan pengumpulan data dari banyak sumber dan dengan basis yang luas, yang menuntut banyak biaya untuk bisa mendapatkannya.

4. Tidak Ada Garansi Terhadap Kepentingan Umum

Tujuan utama dari riset eksplorasi adalah untuk menemukan lembaran baru di dalam bidang tertentu dan bidang yang belum ada. Padahal di masa pandemi seperti saat ini, hal penting yang sering terjadi adalah sebuah masalah kepentingan umum. Sedangkan, cukup jarang dan sulit untuk menemukan secara langsung sebuah solusi baru yang dapat membantu pengembangan suatu bidang terkait bagian umum.

5. Banyak Masalah yang Tidak Terduga

Memecahkan masalah merupakan tujuan utama dalam riset eksplorasi, namun banyak hal yang akan terjadi diluar dugaan. Terkadang, ketika sedang melakukan riset maka muncul masalah teknis yang tidak bisa diatasi dengan mudah yang membuat waktu riset ini menjadi lebih lama dan bahkan menghambat penemuan data yang sudah didapat.

6. Validitas Data

Metode riset exploratory lebih mengedepankan pengalaman dalam menentukan data yang ditemukan. Hal ini sebenarnya dapat menimbulkan ketidakpastian data karena masih sangat tergantung pada pendapat masing-masing peneliti. Sehingga perlu diuji ulang atau diverifikasi oleh beberapa peneliti lain agar dapat dijadikan sumber ilmu.

7. Tidak ada Kepastian Hasil dan Tujuan Lainnya

Metode riset exploratory adalah metode yang paling fleksibel dan terbuka dari segala metode pengumpulan data lainnya. Hal ini membuat tujuan dan hasil dari sebuah penelitian eksplorasi sulit dijamin, meskipun pengumpulan data berjalan sesuai rencana dan berjalan sukses, akan tetapi hasil akhir yang diharapkan tidak dapat terwujud.

Table: Makna Riset Eksplorasi

Karakteristik Kelebihan Kekurangan
Kreativitas Mengembangkan kreativitas para peneliti dalam menemukan metode dan strategi baru. Tidak ada jaminan terhadap hasil akhir.
Waktu Menyediakan landasan untuk penelitian yang lebih mendalam di masa depan. Memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa mendapatkan hasil.
Biaya Mengembangkan kemampuan intelektual para peneliti dalam menyelesaikan masalah baru. Memiliki biaya yang besar.
Pemecahan Masalah Memperkaya kualitas riset yang dilakukan dan hal-hal baru yang muncul, Banyak masalah yang tidak terduga.
Kemampuan Intelektual Memberikan peluang bisnis atau industri yang besar. Validitas data cukup sulit terjamin.
Komunikasi Meningkatkan kemampuan komunikasi para peneliti dalam menyampaikan suatu informasi yang berguna bagi masyarakat. Tidak ada garansi terhadap kepentingan umum.
Peluang Bisnis Memberikan para peneliti suatu ruang untuk menciptakan hal baru. Tidak ada kepastian hasil dan tujuan penelitian.
BACA JUGA:  Makna Data primer Pemerintah: Implementasi dalam Memajukan Pembangunan Nasional

FAQs

1. Apa itu Riset Eksplorasi?

Riset Eksplorasi adalah metode investigasi penelitian ilmiah yang bertujuan untuk mengungkapkan atau mengeksplorasi topik atau masalah yang relatif belum banyak diketahui.

2. Apa tujuan dari riset eksplorasi?

Tujuan dari riset eksplorasi adalah untuk menemukan fakta baru dan mengeksplorasi masalah yang relatif belum banyak diketahui.

3. Apa manfaat dari riset eksplorasi?

Manfaat dari riset eksplorasi adalah dapat mengembangkan kreativitas, memberikan landasan untuk penelitian selanjutnya, dan memberikan penemuan baru.

4. Apa saja kekurangan dari riset eksplorasi?

Kekurangan dari riset eksplorasi adalah waktu yang dibutuhkan sangat banyak, biaya yang besar, ketidakpastian terhadap hasil akhir dan peluang bisnis yang tidak jelas.

5. Siapa yang dapat menjalankan riset eksplorasi?

Riset eksplorasi dapat dijalankan oleh para peneliti atau para akademisi yang ingin mengeksplorasi topik atau masalah yang relatif belum banyak diketahui.

6. Apa yang menjadi fokus pada riset eksplorasi?

Fokus pada riset eksplorasi adalah pada penemuan data atau fakta baru dengan cara yang original dan belum pernah ditemukan sebelumnya.

7. Apakah riset eksplorasi selalu memiliki hasil yang baru?

Tidak selalu. Karena metode ini ketergantungan pada hal-hal yang belum pernah ditemukan, tidak ada jaminan pasti mengenai hasil akhir.

8. Bisakah hasil dari riset ini diperdebatkan?

Ya, karena hasil riset exploratory masih belum teruji dan memerlukan validasi dari para peneliti lainnya.

9. Semua orang bisa meneliti riset eksplorasi?

Meski semua orang dapat meneliti riset eksplorasi, riset ini memerlukan keahlian dalam bidang spesialis tertentu.

10. Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan riset eksplorasi?

Proses pengumpulan data pada riset eksplorasi memakan waktu yang cukup lama, biasanya beberapa bulan dengan menghasilkan data yang baru.

11. Apakah hasil dari suatu riset exploratory memiliki nilai akademis yang tinggi?

Ya, karena menghasilkan informasi yang baru dan bukti yang dapat memberikan landasan untuk penelitian lainnya.

12. Bagaimana riset eksplorasi dapat memberi kontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan?

Dengan menemukan fakta baru dan mengeksplorasi masalah yang relatif belum banyak diketahui, para peneliti melakukan kontribusi positif pada perkembangan ilmu pengetahuan.

13. Apakah riset eksplorasi juga membahas tentang isu sosial yang ada di lingkungan?

Bisa, karena isu sosial seringkali menjadi obyek riset eksplorasi untuk membahas suatu masalah yang muncul dilingkungan kita.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, riset eksplorasi memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan melakukan riset eksplorasi, para peneliti bisa menemukan fakta baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya, memberikan landasan untuk penelitian yang lebih mendalam dan memberikan kontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan juga bisa memberikan peluang bagi bisnis dan industri. Namun, kelemahan dari riset ini adalah proses pengumpulan data dan waktu yang dibutuhkan sangat banyak, memiliki biaya yang besar, dan ketidakpastian terhadap hasil akhir dan peluang bisnis yang tidak jelas.

Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan riset eksplorasi, sebaiknya pastikan waktu, biaya, dan sumber daya yang kamu miliki cukup untuk melakukan riset secara teliti dan terperinci. Dengan begitu, seorang peneliti dapat mengeksplorasi masalah ke arah yang lebih terarah dan mendetail. Semoga artikel ini membuka pandangan kamu tentang makna riset eksplorasi dan memberikan informasi suatu hal baru tentang eksplorasi yang belum diketahui oleh para pembaca.

Disclaimer

Artikel ini dibuat hanya untuk keperluan pembelajaran dan promosi semata.

Check Also

Inilah Makna Hari Raya Idul Fitri, Temukan di Brainly!

Inilah Makna Hari Raya Idul Fitri, Temukan di Brainly!

Halo para pembaca yang tercinta! Selamat datang di artikel yang akan membahas tentang makna Hari …