free stats

Makna Tinjauan Pustaka

Selamat Datang Sobat Sipil!

Sudahkah Anda pernah mendengar istilah “Tinjauan Pustaka”? Sebagai seorang pelajar atau peneliti, pastinya Anda dapat mengertinya dengan mudah. Tinjauan pustaka adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan mengurai daftar bahan bacaan yang relevan terhadap suatu topik atau pertanyaan penelitian. Bisa dibilang, tinjauan pustaka adalah sebuah praktik yang lazim dilakukan dalam dunia akademik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang makna tinjauan pustaka, mulai dari kelebihan, kekurangan hingga panduan praktis untuk melakukan pembuatan tinjauan pustaka.

Pendahuluan: Apa Itu Tinjauan Pustaka?

Tinjauan pustaka biasanya dilakukan sebelum memulai suatu penelitian. Artinya, tinjauan pustaka merupakan kajian awal yang bertujuan untuk mengenal lebih dalam tentang pemikiran yang muncul sebelumnya dari peneliti lain mengenai topik yang sama. Dengan melakukan tinjauan literatur, sumber informasi dapat diidentifikasi dan digunakan untuk memperluas wawasan peneliti tentang suatu topik penelitian.

Poin-poin penting tinjauan pustaka:

Hal Penting Deskripsi
Mengidentifikasi sumber terpercaya Jika sumber informasi telah teruji kehandalannya, peneliti dapat mengambil kesimpulan yang lebih baik dalam penelitiannya
Menemukan kesimpulan penelitian Peneliti dapat menggunakan tinjauan pustaka untuk mengikuti perubahan atau kemajuan pada suatu bidang penelitian
Menghindari plagiarisme Memahami referensi untuk menghindari menyalin tulisan orang lain.

Memahami hal penting pada tinjauan pustaka, membuat peneliti yakin untuk memulai penelitiannya tanpa adanya keraguan mengenai kesahihan data.

Kelebihan Tinjauan Pustaka

Berikut adalah 7 kelebihan tinjauan pustaka:

  1. Mempercepat pemahaman topik penelitian
  2. Sebagai peneliti, memahami lingkungan ilmiah tentang topik penelitian secara menyeluruh akan mempercepat pemahaman tentang penelitian tersebut.

  3. Menjaga integritas akademik
  4. Dengan melakukan tinjauan literatur yang baik, para peneliti bisa memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan untuk menjadi terhormat dan jujur sebagai seorang akademisi serta mentaati kode etik.

  5. Menghindari duplikasi penelitian
  6. Tinjauan pustaka akan membantu peneliti memahami apa yang telah dilakukan dalam bidang penelitian yang sama dan tidak tertinggal informasi mengenai penelitian yang serupa atau menghindari duplikasi penelitian.

  7. Mencegah kesalahan
  8. Dengan melakukan tinjauan pustaka, peneliti dapat memperoleh pemahaman yang benar terhadap topik penelitian sehingga menghindari kesalahan dalam proses penelitian.

  9. Mendapatkan pengetahuan yang mendalam
  10. Tinjauan pustaka akan memberikan akses pada literatur penting atau karya-karya ilmiah sehingga peneliti mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang topik penelitian.

  11. Memfasilitasi perdebatan
  12. Tinjauan pustaka membuat peneliti dapat menemukan kecocokan teoretis antara hasil penelitian sebelumnya dan penelitian selanjutnya untuk membuka debat ilmiah yang produktif.

  13. Memberi wawasan untuk temuan baru
  14. Tinjauan pustaka menyediakan informasi tentang penelitian sebelumnya, sehingga peneliti menjadi lebih aware dan memperoleh peluang untuk menemukan hal-hal baru.

BACA JUGA:  Makna Pendekatan Interdisipliner

Kekurangan Tinjauan Pustaka

Berikut adalah 7 kekurangan tinjauan pustaka:

  1. Keterbatasan sampel studi
  2. Tinjauan pustaka dilakukan dengan cara membaca artikel dan membuat kesimpulan dari studi yang dilakukan oleh orang lain. Peneliti terbatas pada informasi yang terdapat dalam studi yang dipilih.

  3. Cara mencari artikel yang kurang optimal
  4. Metode mencari artikel yang belum optimal dapat menyebabkan peneliti hanya mendapatkan literatur yang kurang relevan terkait topik penelitian.

  5. Kecenderungan selektif membaca
  6. Peneliti bisa mengalami kesalahan dalam menganalisis kritikan pada studi sebelumnya, yang dapat mempengaruhi hasil studi peneliti.

  7. Pilihan subjektif artikel
  8. Pilihan subjektif dapat mempersulit pengambilan kesimpulan yang akurat terkait topik penelitian.

  9. Pendekatan diskursif teoretis
  10. Tinjauan pustaka dapat membuat pemahaman tentang suatu topik menjadi terlalu teoretis sehingga perlu mengurangi pendekatan diskursif teoretis.

  11. Penghematan waktu dan usaha yang kurang memadai
  12. Jika peneliti tidak menempatkan usaha yang cukup untuk melakukan tinjauan pustaka, maka efek positif yang diharapkan dari tinjauan pustaka menjadi tidak dapat dipertahankan.

  13. Keterbatasan sumber literatur
  14. Belum semua sumber literatur mudah diperoleh sebagai bahan pustaka, tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar.

FAQ

Apa saja produk akhir dari tinjauan pustaka?

Produk akhir dari tinjauan pustaka berupa rangkuman atau hasil dari pembacaan bacaan yang telah dianalisis dan dipilih oleh peneliti terhadap suatu topik tertentu.

Seberapa penting tinjauan pustaka dalam penyusunan proposal penelitian?

Tinjauan pustaka sangat penting, karena peneliti dituntut tidak boleh sembarangan mengambil sumber informasi dan tidak boleh meniru hasil penelitian orang lain.

Apa itu referensi?

Referensi adalah sumber informasi yang digunakan untuk mendukung klaim atau pendapat yang disampaikan dalam tulisan akademik.

Berapa banyak sumber yang dibutuhkan dalam tinjauan pustaka?

Tidak ada batasan pasti mengenai jumlah sumber yang dibutuhkan dalam tinjauan pustaka, namun yang penting adalah sumber yang digunakan dalam tinjauan harus relevan dan berkualitas baik.

Seberapa sering tinjauan pustaka harus dilakukan oleh peneliti?

Tinjauan pustaka harus dilakukan sebelum memulai sebuah penelitian dan modernisasi mengharuskan penelitian dilakukan setiap 3 tahun.

Apa perbedaan antara tinjauan pustaka dan penulisan skripsi?

Tinjauan pustaka dilakukan sebagai bagian dari skripsi. Dalam tinjauan pustaka, peneliti mengumpulkan informasi dan mengevaluasi kualitas sumber untuk membentuk landasan teori dalam skripsi.

Apa fungsi dari tinjauan pustaka untuk penelitian?

Tinjauan pustaka berguna sebagai penguat dasar teori dan metodologi penelitian.

Seberapa detail tinjauan pustaka harus dilakukan?

Tinjauan pustaka harus dilakukan secara rinci, termasuk pada sub bab di area yang oft-overlooked, dengan mempertimbangkan kepentingan utama dari penelitian.

Perlukah melibatkan semua penulis dalam membuat tinjauan pustaka?

Idealnya, semua penulis harus terlibat dalam membuat tinjauan literatur, namun pada praktiknya kebanyakan hanya dilakukan oleh peneliti utama namun tetap mempertimbangkan bahasan dengan tim.

BACA JUGA:  Makna Analisis Naratif Dialogis-Reflektif: Memahami Makna Lebih Dalam

Apakah tinjauan pustaka termasuk bentuk penelitian lain?

Tinjauan pustaka termasuk sebagai bagian dari analisis isi atau interpretasi data pada penelitian tertentu.

Apa Arti Tinjauan Pustaka?

Tinjauan pustaka adalah sebuah kajian pendahuluan terhadap sumber-sumber berbagai publikasi yang relevan dengan topik penelitian Anda.

Seberapa penting referensi pada tinjauan pustaka?

Referensi penting untuk menjaga menjaga integritas akademik dan memastikan mutu hasil penelitian.

Berapa rented time atau waktu yang diperlukan untuk melakukan tinjauan pustaka?

Waktu total yang dibutuhkan tergantung pada skala dan cakupan penelitian yang dilakukan.

Apa dampak dari menemukan page yang buruk?

Tidak semua sumber pustaka yang ditemukan memberikan hasil yang optimal dalam mencari referensi penelitian.

Kapan saat yang tepat untuk melakukan tinjauan pustaka?

Saat yang tepat melakuan tinjauan pustaka adalah pada awal penelitian sebelum peneliti mulai mengumpulkan data.

Apakah ada risiko plagiarisme jika melakukan tinjauan pustaka?

Tinjauan pustaka merupakan sebuah praktik yang lazim di dalam kehidupan akademik dan dilakukan untuk mendukung pembuatan teks dengan sumber rujukan yang jelas

Seberapa sering kali tinjauan pustaka dilakukan oleh peneliti?

Tinjauan pustaka bisa dilakukan kapan saja ketika peneliti mengalami kesulitan dalam memahami topik, namun sering kali pada awal menyusun proposal penelitian.

Kesimpulan

Melakukan tinjauan pustaka membutuhkan usaha lebih yang dilakukan para peneliti. Meski memiliki beberapa kekurangan, keuntungan yang diberikan tinjauan pustaka bagi para peneliti sangatlah besar. Oleh karena itu, penting bagi peneliti untuk memperhatikan tinjauan pustaka untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah yang berkualitas dan memiliki dasar kuat.

Namun, bagaimana pun juga, penulisan tinjauan pustaka tidak dapat diamalkan secara seragam oleh semua peneliti karena alokasi sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing peneliti berbeda. Namun, manfaat besar tinjauan pustaka bagi setiap peneliti sangat jelas untuk jangka panjang dan dapat membantu menghindari kesalahan dan duplikasi, serta meningkatkan kemampuan untuk memikirkan dan memecahkan masalah.

Demikianlah artikel mengenai makna tinjauan pustaka, semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah pada pembaca dalam melakukan penelitian. Jangan lupa, baik sebagai penulis atau pembaca, kita harus memastikan referensi yang digunakan adalah benar-benar sumber yang akurat dan handal. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan semoga sukses dalam penelitian.

Penutup

Artikel ini ditulis untuk tujuan SEO dan ranking di mesin pencari Google bagi pembaca dan peneliti. Seluruh informasi pada artikel ini disusun dengan seksama dan disajikan sebaik mungkin dengan format jurnalistik yang formal dan didukung dengan parameter yang ada. Terdapat segelintir informasi yang mungkin belum terangkum secara lengkap, namun kami berharap artikel ini dapat memberikan gambaran yang cukup untuk membantu pembaca dalam membuat tinjau masalah pustaka mereka secara optimal.